Langsung ke konten utama

BAHAYA ROTI TAWAR PUTIH


PENGERTIAN ROTI DAN ASAL USAL ROTI

Roti adalah makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air, yang difermentasikan dengan ragi, tetapi ada juga yang tidak menggunakan ragi. Namun kemajuan teknologi manusia membuat roti diolah dengan berbagai bahan seperti garamminyakmentega, ataupun telur untuk menambahkan kadar protein di dalamnya sehingga didapat tekstur dan rasa tertentu. Roti termasuk makanan pokok di banyak negara Barat. Roti adalah bahan dasar pizza dan lapisan luar roti lapis. Roti biasanya dijual dalam bentuk sudah diiris, dan dalam kondisi "fresh" yang dikemas rapi dalam plastik.




Roti pada awalnya hanya dikonsumsi oleh masyarakat yang tinggal di daerah barat (Eropa). Namun saat ini roti sudah menjadi bagian dari konsumsi masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. namun tahukah anda sebenarnya dari mana roti berasal?? Ini dia ceritanya...

Roti merupakan sumber karbohidrat yang terbuat dari bahan terigu, pengembang/ yeast, lemak, gula dan garam telah ada sejak ribuan tahun lalu. Cikal bakal roti berasal dari bangsa Mesir Kuno. Namun pada zaman tersebut roti masih dibuat dengan cara yang sederhana sehingga bentuk dan rasanya tentu berbeda dengan roti saat ini. Pada abad pertengahan, evolusi roti telah mencapai puncaknya, terutama di Benua Eropa. Pada saat itu cita rasa roti sudah sama seperti yang kita temukan saat ini, begitu juga dengan bentuk dan variasinya.



Mengandung Banyak Protein Jahat

Tepung bahan roti tawar umumnya memiliki kandungan protein jahat atau glutten yang sangat tinggi. Jenis protein ini dapat menimbulkan sakit perut hingga diare. 


Selain itu, tepung putih yang merupakan bahan utama pembuat roti tawar umumnya sudah kehilangan nutrisi, sehingga jikapun sobat konsumsi sebanyak apapun, tetap saja sobat tidak akan mendapat manfaat darinya.
                         
Kadar Natrium Tinggi

Roti tawar putih memiliki kandungan natrium yang sangat tinggi. Natrium dalam jumlah banyak ini, apabila masuk ke tubuh terus-menerus maka akan berkontribusi menyebabkan penyakit jantung. 

Selain itu, kadar garam dalam darah juga akan meningkat sehingga berisiko menimbulkan berbagai penyakit mematikan.

Nol Nutirisi

Roti tawar putih ternyata tidak memiliki nutrisi apapun. Hal ini terjadi karena selama proses pembuatan, tepung roti tawar kehilangan asupan vitamin dan nutirisi yang terkandung seperti vitamin B dan E, seng, dan asam folat. Hilangnya nutrisi ini membuat roti tawar putih menjadi makanan yang hanya bisa mengganjal perut.

Mengandung Banyak Fruktosa

Fruktosa merupakan jenis gula yang banyak terdapat dalam berbagai makanan olahan. Hampir semua jenis roti mempunyai kandungan gula fruktosa, namun roti tawar putihlah yang mempunyai kandungan fruktosa paling tinggi. 

Kandungan fruktosa ini mempunyai dampak buruk bagi kesehatan terutama yang berkaitan dengan ginjal dan darah.

Bisa Sebabkan Diabetes

Amylum dalam roti tawar putih yang masuk ketubuh akan terpecah oleh enzim pencernaan dan dirubah menjadi senyawa glukosa. Senyawa ini akan dengan cepat memasuki aliran darah dan menyebabkan kadar gula darah melonjak. Jika dibiarkan terus-menerus, maka bisa saja muncul penyakit mematikan seperti diabetes.
  
Tinggi Karbohidrat Tapi Miskin Serat

Kandungan karbohidrat yang sangat tinggi dalam roti tawar putih, berpotensi mengakibatkan hiperkarbohidrat atau kelebihan karbohidrat dalam tubuh. 

Jika dibiarkan, maka bisa berpotensi menyebabkan gangguan fungsi kognitif otak, seperti menurunnya kecerdasan dan daya ingat, atau bahkan alzheimer. 

Selain itu, kandungan serat yang sangat terbatas, akan menyebabkan berbagai gangguan pencernaan.

Mengenyangkan, Tetapi Tidak Bertahan Lama

Ada beberapa sumber yang bilang bahwa memakan roti tawar tidak akan mengenyangkan. Menurut saya, hal ini salah. Roti tawar putih tetap bisa mengenyangkan perut sobat, hanya saja rasa kenyang tersebut tidak akan bertahan lama. Artinya, sobat akan kembali lapar begitu cepat setelah memakan roti tawar.

Membuat Cepat Gemuk

Mengkonsumsi roti tawar saat diet adalah pilihan yang salah. Alasannya karena, roti tawar mengandung banyak sekali kalori yang berpotensi meningkatkan berat badan. 

Jadi, bagi sobat yang sedang diet atau tidak ingin berat badannya naik, maka harus berhenti makan roti tawar putih sekarang juga.

Sukar Dicerna

Minim serat dan kandungan glutten yang sangat tinggi membuat roti tawar sulit untuk dicerna. Selain itu, roti tawar juga tidak mempunyai kandungan enzim yang bisa membantu memecah karbohidrat dan lemak agar mudah dicerna.

Buruk untuk Kesehatan

Melihat berbagai kerugian diatas, akhirnya bisa saya simpulkan bahwa secara umum, memakan roti tawar putih adalah pilihan yang buruk bagi kesehatan. Manfaat roti tawar putih dirasa tidak sebanding dengan kerugian yang diakibatkannya. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sertifikat Seminar Sumpah Pemuda

Tugas ISD 6 "Masyarakat Desa dan Masyarakat Kota"

Masyarakat Desa Desa , atau  udik , menurut definisi "universal", adalah sebuah aglomerasi permukiman di area perdesaan ( rural ). Di  Indonesia , istilah  desa  adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia di bawah  kecamatan , yang dipimpin oleh  Kepala Desa . Sebuah desa merupakan kumpulan dari beberapa unit pemukiman kecil yang disebut kampung (Banten, Jawa Barat) atau dusun (Yogyakarta) atau banjar (Bali) atau jorong (Sumatera Barat). Kepala Desa dapat disebut dengan nama lain misalnya Kepala Kampung atau Petinggi di  Kalimantan Timur ,  Klèbun  di Madura,  Pambakal  di Kalimantan Selatan, dan  Kuwu  di  Cirebon , Hukum Tua di Sulawesi Utara. Sejak diberlakukannya otonomi daerah Istilah desa dapat disebut dengan nama lain, misalnya di  Sumatera Barat  disebut dengan istilah  nagari , di  Aceh  dengan istilah  gampong , di  Papua  dan  Kutai Barat ,  Kalimantan Timur  disebut dengan istilah  kampung . Begitu pula segala istilah dan institusi di desa dapat dise

Tugas Rangkuman Sofskill Metodologi Penelitian

Tugas Softskill Rangkuman Jurnal tentang Sand Casing Proses logam dapat diartikan proses dari logam yang dicairkan, dituangkan ke dalam cetakan, kemudian dibiarkan mendingin dan membeku. Oleh karena itu sejarah pengecoran dimulai ketika orang mengetahui bagaimana mencairkan logam dan bagaimana membuat cetakan. Logam pertama yang dicor adalah emas dan perak. Pengaruh Metode Pengecoran Terhadap Sifat-Sifat Mekanis pada baling-baling             Proses pembuatan baling-baling dapat dilakukan dengan pengecoran atau penuangan sand casting. Bahan yang digunakan untuk membuat baling-baling biasanya ada 2 yaitu aluminium atau kuningan, yang masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan. Untuk mengetahui pengaruh proses pengecoran terhadap sifat-sifat mekanis yang dihasilkannya, terutama kekerasan dan laju perambatan retak, maka penelitian ini dilakukan. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah baling-baling bediameter 20” (51cm) ssebanyak 2 buah yang terbuat dari alumin